Tuesday, April 16, 2013

Mengapa anda begitu sirik ???

[source]
Dunia sekarang memang agak-agak ya. Dijaman yang sudah mulai diperbudak oleh kegengsian ini banyak orang bilang yang namanya teman cuman ADA disaat SENANG, tapi NGILANG disaat kita lagi SUSAH. Apa kalian tau ada juga malah yang sebaliknya. Jadinya gini, Teman ADA disaat kita sama-sama SUSAH, tapi PERGI disaat kita senang. Iya ada kok. Tapi saya yakin hanya sebagian aja yang seperti itu... Sebagian besar maksudnya *ditimpuk* bercanda~

Seperti halnya yang dialami teman saya yang namanya Rika. Beberapa hari lalu Rika sempat bercerita kepada saya bagaimana kecewanya dia dengan beberapa orang disekitarnya terutama teman sekelas di sekolahnya dulu. Diawal kelas 1 SMA Rika berteman dengan banyak orang dan menjalani hari demi hari ke sekolah dengan perasaan nyaman. Tapi beberapa teman di kelasnya mulai menjauhi dia semenjak pertengah kelas 2 yang kemudian membuat Rika agak canggung setiap berada di kelas. Kasian kan. Rika sama sekali nggak paham kenapa mereka bisa menjauhinya. Padahal selama Rika bersekolah, dia nggak pernah berperilaku buruk ke siapapun. Tapi Rika berfirasat semua hal itu terjadi semenjak Rika diketahui memiliki otak yang cerdas, dan sering menjadi kebanggan gurunya. Apalagi dipelajaran TIK. Rika setau saya emang jago banget dibidang tekhnologi. Mungkin kecintaan dan ketertarikannya yang membuat dia jago. jadi setiap pelajaran TIK selalu ada beberapa temannya yang memberikan sindiran-sindiran pedas ke Rika. Setiap apa yang ditanya guru, pasti temannya selalu menyangkut pautkan langsung ke Rika. Saya nggak ngebayangin kalo lagi di posisi itu pasti ngebetein banget. Tapi syukurnya karena kesukaannya dengan pelajaran tersebut, yang membuat Rika fine-fine aja ngejalanin. 
Inilah yang terjadi pada Rika. Teman-teman yang seharusnya ada untuk mensupport ketika Rika menemukan kesenangannya, malah menjauh dan seakan menjatuhkan. Mungkin kalian setuju dengan saya kalau menyebut mereka adalah orang ya SIRIK. Nggak senang ngeliat temannya bahagia ya kan?


Terlepas dari cerita Rika. 2013 siapa sih yang nggak doyan internetan? Apalagi jejaring sosial seperti twitter, facebook dan sebangsanya. Internet sudah benar-benar melekat pada jiwa kita. Bahkan sekarang sosial media udah berkembang menjadi banyak varian.Ngomong-ngomong soal twitter beberapa bulan lalu saya pernah menyimak 2 orang yang beradu mulut di twitter. Ini sungguh menggelikan. Mereka saling mengejek satu sama lain udah mirip depe sama jupe. Saking keponya, saya sampai stalkingin tweet awal mereka berantem. Ternyata awal penyebabnya adalah karena si A nggak suka dengan si B yang ngedeketin temen-temen si A. Si B yang merasa tersindir langsung saja melancarkan quick counter attack dengan cara mengejek-ejek si A. Nah terjadi deh tuh percekcokan selama seharian. 
Apa yang salah dari mereka??? Iya, yang satu sirikan, yang satunya emosian. Jadi nggak ada yang mau ngalah. Emang kalau dilihat-lihat orang sirikan sama gak suka itu beda tipis banget.

Hmm keinget hal itu, jadi inget juga 1 pengalaman saya di twitter. Saya juga pernah menjadi korban sindiran orang ditwitter. Walaupun tidak secara langsung dia ngetag nama saya sih. Tapi saya tau karena kami berdua saling follow, apalagi following tuh orang bisa dibilang sedikit. Jadi gini saya adalah orang yang cukup sering membuat tweet-tweet seperti motivasi atau hal baik lainnya. Bukan karena sok atau apa. Tapi emang suka aja, Apa yang tersirat dipikiran, bisa langsung saya tweet. Cuma buat memotivasi diri sendiri aja. Kadang tweet saya sendiri saya favorit agar nantinya bisa saya baca lagi. Disinilah ada seseorang yang berfikiran negatif tentang saya. Terlebih lagi saya sering berinteraksi dengan teman-teman blogger di twitter. Imbasnya mau gak mau pasti ada aja yang berfikir saya itu menyombongkan diri. Disaat saya membaca tweet orang yang menyindir saya itu, saya bukannya marah, tapi malah senyum nahan ketawa. Gimana nggak, yang ada dipikiran saya saat itu kok ada ya orang kayak gitu. Tweet punya siapa, yang ngetik juga siapa, lagian kami berdua tidak terlalu kenal. Kalau ini sih siriknya udah tingkat akut ya hehe. Whatever lah cuman mau ngasih tau, gimanapun dia nyindir saya, selama yang saya lakukan itu benar menurut saya, saya nggak akan berenti apalagi malu. Camkan.

Dari cerita-cerita diatas bisa disimpulkan kalau kesirikan itu bisa timbul karena banyak faktor. Bisa karena kita nggak bisa memiliki sesuatu yang orang lain miliki. Bisa juga karena hal-hal baik yang terjadi pada orang-orang terdekat yang tidak terjadi pada kita. Yang membuat kita menjadi emosi. Baiknya kalau kita mulai meminimalkan sifat seperti itu. Karena selain merugikan diri sendiri, juga merugikan orang lain tentunya. 
Sirik=Iri. Iri tanda tak mampu. Emang mau dikatain orang yang gak mampu?

"Envy is an emotion you feel when you want something someone else has, or when something good happens to someone you know, like your best friend, sister or brother. You wish that the good had happened to you. Instead of feeling happy for that person, you may be angry or upset with her or him."  [source]

41 comments

Buat Rika tetap semangat ya...
Semoga dapat mengambil hikmah dari peristiwa tsb

Salam,
ZaenuriAchmad.com

Mahaha apa jangan2 yang km bilang di inbox itu orangnya yg suka stalkingin XD
Pernah Juga sih disindir tapi gak ditag. Selama yang kita lakuin bener gak usah ambil repot ngeladenin ,cukup Tertawakan dalam hati saja :))

rikka hallus cellalu cabal yach *mode 4l4y
ECIEE, ada yang kepo terus stalking deh ,

Jangan-jangan orang yang bang yoga maksud gue lagi, hikss *kejang kejang...
salam damai yah, bang :")

Waaah rika yang malang ...
Kasian juga ya dijauhi kaya gitu ..
Kepada siapa rika harus mengadu?
Kepada siapa rika harus berbagi?
-____-

Btw, yang twitter temen lo unfollow aja yog...
Block sekalian kalo perlu :D

Ksian yach nasib si Rika....
Yg sbarrr yach rika....
ttp semangat dn berpkir yg positif aj...

Blokir aj tuch bang teman yg loe kurang knal n gtoan lagi...
Buang ke laut aja.....
Trrsenyum dn alhamdullillah aja bang dosa loe berguguran bang...biarlah org menyindir tpi jgn di bls dengan sindirn yg lbih pedas juga tpi tersenyumlah.
Selama ap yg di perbuat n di lakuin tidak merugikan org lain trusssskan aj bang...sindiran itu hanya bisikan s*t*n yg ingin mnggoyah kan ksabaran dn iman mu bang biar ikut2 s*t*n sling membls.

Gue suka kata2 loe bang yg sblum terakhii sirik=iri dan iri tanda tak mampu
V yg trakhir gue ga ngerti *bahasa inggriss...
#kaburrrrrrrt

gaperlu kayaknya dot. biarlah begitu :D

semoga rikanya baca ya hehe

teman-teman yang sirik kepada rika itu pasti hidungnya pesek semua haha

akhirnya posting juga nih masbro yogha..:D

ya makhluk2 sirik seperti ketiga contoh diatas memang banyak, tapi yg paling aneh menurut gw yg nomor 2. kok sampai kelahi gitu ya?? wkwkw..

kalau yg tentang rika, itu sering kejadian disekitar gw juga.
kalau yg nyindir lo di twitter, itu memang menggelikan.

jadi biarin aja lah orang2 pada sirik. Anggap aja mereka butiran debu. ga usah dipedulikan ..haha

bagusnya ada foto rika juga dipostingan ini yog :D

Eh, banyak yang berubah blog elo yog. Dulu elo pake gue sekarang saya, sisi kanan dan kiri blog jga banyak banget variasinya.

Sifat sirik itu emang bisa ngerugiin diri sendiri dan orang lain Yog, gue setuju itu.

sip yan emang itu seharusnya :)

untuk background emang berubah nus. tapi penggunaan kata saya emang udah dari dulu kok :) lu lupa kali :)

gw klo ketemu yang kaya gitu paling cuma pasang twit ketawa atau senyum, kadang sih suka bales atau mulai nyindir dengan #nomention kalau ada orang yang mulai annoying ke gw. bukan karena iri juga sih, tapi karena ga tau bagaimana cara menyampaikan "lo tuh annoying banget" dengan cara yang lebih mudah, tapi dengan adanya #nomention gw sadar kita ga mungkin suka semua yang ada di timeline kita dan apa yang kita lakukan di timeline kita ga bakalan semua orang suka, jadi bijaksanalah dengan apa yang kita perbuat jangan berlebiham. hehe

bukan ges :| gada hubungannya sama dia ini

Iya tuh, emng sirik tnda tak mmpu..
Kasian yah,mreka2 itu...
Cm bisa ngeganggu & nyindir2 org yg disirikin tnpa bisa brbuat hal lain yg lebih baik untuk mnyamai org yg disirikin itu..

sirik itu tanda nggak mampu mas yoga, buat apa di pikirin ,
btw nasibnya rika kenapa berubah drastis kayak gitu ya ???

buat apa sih pake sirik-sirikan segala
sekarang ini ada satu tetangga saya yang sirik sama keluarga saya, padahal keluarga saya biasa aja sama dia
#curhat sedikit

Hahhahaha,,, cuekin aja kalo disindir, simple.. :D

sahabatnya kmn >_< sabar Rika..
ganbatteeeeee!! :D .

Itu yg 2 org yg lu stalking in. Kok menggelikan gitu ya sampe berantem.. Haha..

Gw sering juga sih ada yg kayak gitu. Cuekin ajaahh.. Sirik tanda tak mampu. Tp kadang2 nyesek juga sih..

Saya setuju deh kalo ada yang bilang sirik tanda tak mampu, toj emang kenyataannya begitu sih... Deuh tulisannya emang nyata banget, maksudnya emang sering kejadian di dunia nyata...

buat Rika, saran gue segera hubungin kak Seto deh.
Kak Seto pasti Bisa nyarin Rika banyak temennn...ia kannn

Doaku setelah membaca postingan ini: semoga aku selalu ikhlas dan bersyukur atas semua yang telah Engkau berikan dan jauhkan hatiku dari iri dan dengki. amin

buat rika yg sabar ya...bgtulah hidup nak...

jawabannya disini "karena kesirikan itu bisa timbul karena banyak faktor. Bisa karena kita nggak bisa memiliki sesuatu yang orang lain miliki. Bisa juga karena hal-hal baik yang terjadi pada orang-orang terdekat yang tidak terjadi pada kita. Yang membuat kita menjadi emosi."

saya malah sering ngalamin itu sama keluarga, dan imbasnya kadang ke saya juga gaenak emang di sirikin..

sirik tanda mampu, sirik buang jauuuhh jauuu~ nyanyi ._.

Gak sedikit loh org yg sirik2 begitu, ya btul ktamu ga, cuekin aja toh gak da ruginy buat kita, klo ad teman kyk teman rika tuh berrti dia bukan teman tuh.

Kasih tau aja bang si rika... biar orangnya tau... kan lebih bagus...

semoga rika tabah. nyantai aja.
memang sirik bagian dari kehidupan.
nggak usah diambil pusing. bikin kompensasi indah buat melupakan kaum sirik itu.

.. lama gak kesini aq. he..86x. gimana nich kabarnya?!? oia kalo ada orang yg sirik kayak gitu, berarti dapet nilai pluz yg dy gak mampu n kita dapat melakukannya. so,, sama^ belajar positif tinking aja. he..86x ..

kalo domainnya udah didunia maya si susah banget membedakan sirik dan enggak, soalnya ya dunia maya itu random banget sih

dunia maya itu keras kawan.. haha
adaaaaa aja yg nggak suka apa suka ngerasa ke nomensyen, padahal kadang yg dinomensyenin bukan dia...
trus juga kalo tiap kita punya apa apa ngelakuin hal2 yg dia nggak sreg apa pengen tp keduluan kita, biasanya sih gituu.. zzzz...

articles of interest. indeed
maybe I would often visit here.
o it I also got the info:
Ways Assigned the Money from the Internet

nice blog :)

salam kenal dari kami outbond di malang :)
jangan lupa kunjungi kami di website kami : http://www.nolimitadventure.com/

orang sirikan sama orang gak suka itu beda tipis banget
gue pernah ada di posisi itu, yang paling nyesek malah sama sahabat sendiri.

salam kenal...

waah kasian rikanyanya,tapi ya itu kalau kita mempunyai keahlian yang orang lain gak punya pasti ada aja orang yang sirik.

Mau komen apa aja terserah :)