Friday, November 1, 2013

Green School, Sekolah Unik dan Keren di Bali

Welcome To Green School Bro!!!

Ada yang pernah jalan-jalan ke Bali? Atau bahkan sudah pernah berkunjung ke Green School? Kita pasti akan punya pendapat yang sama tentang tempat ini. Yes, It's an amazing place and amazing Architectural!!!

Mungkin belum banyak orang tahu tentang sekolah ini, bahkan penduduk Bali pun tidak semua tahu. Saya sendiri pertama kali mendengar nama Green School di jurusan saya. Karena tempat ini sangat dikagumi terutama oleh dosen-dosen saya yang rata-rata bekerja di dunia arsitektur. Oke bagi yang pingin tau tentang Green School, saya akan mencoba memandu kalian agar mempunyai gambaran bagaimana sih sekolah ini. (?)



Green School atau sekolah hijau. Dinamai begitu karena konsep sekolah ini sendiri yang ramah lingkungan dan bangunannya yang rata-rata menggunakan bahan-bahan alam seperti bambu, alang-alang, dan tanah liat. Dirintis sejak tahun 2007 oleh John Hardy, seorang pengusaha jewerly atau perhiasan dan barang mewah dari Kanada yang telah membuka usahanya di Bali sejak tahun 1970-an. Yuk, sebelum mengenal lebih jauh kita simak beberapa foto eksterior-nya dulu.

Ada lapangan bolanya :3

Kata dosen saya konsep atapnya terinspirasi dari kotoran. Tapi entahlah. Keren!!!

Salah satu ruang belajarnya yang terbuka

90% menggunakan bambu dan alang-alang
Salah satu yang unik, dekat sekolah dibangun  jembatan bambu yang membentang diatas sungai Ayung
Jalan-jalan



Bisa dibilang sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah didunia yang menggunakan konstruksi bambu yang ramah lingkungan. Ya bisa kita lihat bambu bertebaran dimana-mana. Hebat ya arsiteknya *Salut*. Selain itu Green School ini tidak menggunakan listrik secara langsung. dari segi pendingin udara, sekolah ini menggunakan kincir angin melalui terowongan bawah tanah. Dan pemasukan listriknya dari hasil Bio-gas yang terbuat dari kotoran hewan. Lanjut, kita lihat-lihat interiornya.


Bambu dimana-mana


Ketemu bambu lagi

Nah katanya sekolah, murid-muridnya bagaimana dan apa saja yang dipelajari disana???

Mungkin yang bener-bener memperhatikan foto-foto diatas, yang terlihat hanya bule-bule saja. Orang Balinya mana? Yap betul emang, 80% anak-anak yang belajar disini merupakan anak-anak ekspatriat atau bule-bule yang tinggal di Bali. Sisanya merupakan anak-anak Bali yang mendapatkan beasiswa dari pendonor. Jadi bisa dibilang sekolah ini sekolah Internasional. Kenapa kebanyakan bule? Itu karena biaya sekolah disini relatif mahal. Orang tua harus mampu menyiapkan uang untuk registrasi $ 500, Uang bangunan tahunan $ 1.000 dan SPP sekitar $ 8.000 per tahun. Tapi itu sepertinya tidak masalah mengingat pembelajaran yang akan didapat disana akan sangat berkesan.

Selain pembelajaran-pembelajaran formal, anak-anak disana juga diajarkan organic gardening. Seperti bermain permainan tradisional, menanam padi, bermain dilumpur, berternak sapi, memetik buah coklat dan banyak lagi. Hal seperti itu tentunya menjadi harapan agar anak-anak tersebut nantinya bisa merawat bumi kita ini agar tidak rusak. Jadi tidak akan ada yang namanya illegal logging karena sejak dini mereka diajarkan bagaimana cara mencintai alam.






Nah cukup segitu saja yang bisa saya bagi tentang Green School. Harapan saya sih semoga tempat seperti ini bisa menginspirasi pemerintah untuk membangun sekolah-sekolah yang serupa tapi dengan tarif yang murah. Jadi banyak anak-anak yang bisa menikmati asiknya mencintai alam.

Jadi buat yang pingin melihat langsung bisa berkunjung ke Desa Sibang Kaja, Badung, Bali. Atau info lengkap bisa kunjungi websitenya http://www.greenschool.org/. Terimakasih.

Video tentang Green School:


"Our vision is of a natural, holistic, student-centered learning environment that empowers and inspires our students to be creative, innovative, green leaders." - Green School

Sumber: 

44 comments

nah....ini baru sekolah...sekolah saya juga kayak gitu bang...jadi bukan sekolah formal....hampir mirip ini...

bedanyya kita buat sendri.....

buat sendiri, seru pasti ya :)

keren yah sekolah nya... pasti betah banget belajar disitu

yg cuma berwisata aja betah. Gmana kalo tiap hari kesana dan mengikuti aktifitasnya. Pastinya asik

di Surabaya juga ada tuh Yog. namanya Sekolah Alam. Mahal juga sih, tapi masih lokal semua muridnya. dan ngga sebagus green school itu...
Sayang yah, kenapa harus mahal?!

unik, seru banget sepertinya bisa sekolah disana. anyway, 8.000 dolar tuh berapa rupiah y?

Patut diapresiasi tuh.. Keren banget bang. Gua juga berharap semoga pemerintah/pihak terkait bisa membangung sekolah2 seperti diatas tu dengan biaya yg g mahal. Biar makin hijau, makin nyaman ditempatin bumi kita ini... Oiya, coba aja kalo bambu2nya itu masih idup, pasti lebih keren lagi, dibentuk2 kayak gitu :3

kereeen bangett....
iyasih, emang bentuknya mirirp kotoran..hhaha
biayanya mahal..tapi worth it lah kayaknya..jadi pngen ke bali..trus mampir kesana,,,hahha

yah mungkin dari fasilitas dan untuk lebih mengembangkan lg makanya agak mahal. lagian bangunan seperti itu perawatannya susah :)

iya semoga saja heehe. kalo hidup ntar bambunya gerak2. anak2 pada takut haha

iya berarti kalo kebali wajib mampir

YOG, ITU BENERAN SEKOLAH YOG?

keren bangeeeet. pasti kalau sekolah disana sejuk banget. bercengkraman dengan alam gitu waaaaa baru tau ada sekolah kayak gitu...

kayak-kayak suasana ameraka latin bro bangunannya serasa di nongkrong di kuba haha keren abis bang kalau ada waktu kebali bisa dicoba kesana,, mampir aja nggak bayar kan bang ?

kerenn gilak arsitekturalnya... itu bambu semua kerenlah pokoknya...
tapi itu mahalnya setahun habisin duit 80an juta -___-

kalau disuruh kembali ke sekolah...
back to school
sekolahnya kayak gini mauu deh...:)

iya, masih suasana pedesaan

kalo mampir dengan surat kampus/sekolah nggak :D

wih, keren.. arsiteknya emang orang mana ya bang.. emang ini bisa dikatakan sekolah yang memanfaatkan kekayaan bumi Indonesia, dan yang pasti ramah juga terhadap lingkungan.. Oh iya, ini sekolah di Bali, tapi kog banyak orang bulenya. apa emang sekolahnya orang bule..??

wahahaa dibaca abisin dulu bro

sekolahannya keren, tapi sayang mahal. kenapa gak jadi penyemangat masyarakat bali asli buat bikin sekolah yang sama tapi relatif terjangkau. pastinya akan membanggakan kalau masyarakat lokal yang bisa bikin.

wah keren banget nih design nya ,, tapi kebanyakan orang luar semua

tapi kalo hidup, ga mudah dimakan rayap lhoh

itu pastinya sudah difinishing sama anti rayap bro :)

hehe ya mungkin suatu saat orang kita bisa menyamai kemampuan mereka

Keren banget yah. SPP mahal menurutku bisa karena emang perawatan bangunan yang mahal, dan bisa juga karena emang 'target'-nya itu para bule. CMIIW.

iya pastinya ngerawat bangunan kyk gini gak gampang soalnya.

gua nonton ini di videonya si jebraw pas jalan-jalan ke bali yoga, ini keren buanget seriusan, gua jadi pengen kuliah tempatnya kayak begini rasanya... kalo abis begadang bikin tugas DKV terus banyak angin sepoi-sepoi adem di kelas.. *terus gua sukses tidur ngeces di sono hahaha* kayaknya asik.

Wuuuiiih 8ribu dolar...
Kudu korupsi dulu nih buat nyekolahin anak
Tapi emang keren abis yog, pasti bakalan nikmat banget sekolah disitu..

Btw, disitu tetep ada yang namanya UTS, UAS juga gak tuh?

Wuuuiiih 8ribu dolar...
Kudu korupsi dulu nih buat nyekolahin anak
Tapi emang keren abis yog, pasti bakalan nikmat banget sekolah disitu..

Btw, disitu tetep ada yang namanya UTS, UAS juga gak tuh?

Asli keren banget. Bener-bener banyak bambu di mana-mana. Situasi buat belajar mendukung banget, biasanya kan kalo dikota bising suara motor, mobil yang sekolahnya kebanyakan dipinggir jalan raya. Tapi sepadan lah sama biayanya juga.

Setuja sama lo yog, moga aja pemerintah ada niat bikin konsep sekolah kayak gitu, dan biayanya murah. Pasti keren

Keren ... (^,^)b
Ingin sekolah disana ._.
rata-rata sekolah alam bahan bangunanya itu ngerawatnya banyak dan butuh dana lebih.
setara dengan fasilitasnya kalau segitu :)

kuereeen pengeeen gue kesitu buat motret motret human interestnya kayanya baguus :)

green school ini dibuka buat umum yo? mgsdnya kalau pngen brkunjung kesitu ap boleh ngasal masuk apa ada ketentuan khususnya?

gak boleh. mesti minta ijin rencana berkunjung dulu. kalau siswa biasanya pakai surat pengantar sekolah atau kampus.

kapan yak di tempat gw ada yang kaya gtu, salut deh buat yang ngepost! oiya mampir ke blog ya bro

gan, visiting kesana gratis apa bayar gan?
ada tour guide nya gak? makasih...

Apa pribumi juga bisa sekolah di sana? Saya pingin banget menimba ilmu di GREEN SCHOOL< seprtinya penuh petualangan. Bangunan sekolah dari bambu, semoga gak ambruk ya... Makasi Kak Yoga Shena

Anakku pingin sekalah sana tp sayanggg sekali .....biaya mahalll bngtty

Mau komen apa aja terserah :)